Manchester United

Friday, 13 April 2012

Klaim Rawat Inap Pru Hs dan Pru Med Prudential


Siapa yang nyangka, belum enam bulan lewat anakku sudah masuk RS lagi. Gara2-nya sudah 3 hari berturut-turut demam tinggi, sudah dikasih obat penurun panas tapi feeling kok khawatir yah... Akhirnya waktu ke UGD aku pesan ke suami biar sekalian minta check darah takutnya demam berdarah (lagi musim sih) atau thypus. Ternyata eh ternyata...

hasil test darah untuk DB normal aja nah yang thypusnya pas banget sama dgn rujukan toleransi akhir normal, berarti anakku dah kena gejala tuh.

Awalnya suami bilang gak usah tapi aku ngotot rawat inap, alasannya:
  • Anakku rada hiperaktif, gak kenal istirahat. Demamnya aja itu aku tau karena waktu dites suhu ama gurunya (seperti biasa tiap mau masuk kelas) 37.6', normal di bawah 37.5'.
  • Kalau sakit, suka males makan dan minum. Naahh bisa pusing tuh, kalau di RS kan bisa diinfus.
  • Gratis ini... ada proteksi dari Prudential karena anakku ikut tabungan pendidikannya.

Singkat cerita, setelah 5hari nginap di RS Mitra Kelapa Gading, akhirnya boleh pulang juga. Meskipun sebenernya aku pengen nambah satu hari lagi setidaknya biar lega, tapi kelihatannya anakku dah bete, jadi kasihan juga.

Oya dari Prudential, aku bersyukur banget deh, selain gampang banget gak pake acara lama nunggu kamar (rame banget loh yang sakit, kapasitas ada 18kamar masa udah kepake 15kamar, ckckck) juga gak repot pake kena biaya DP di awal yang musti 70% dari total perkiraan biaya RS disesuaikan dengan tipe kamar yang diambil (belum juga dirawat sudah musti keluar uang).

Adapun rincian proteksi yang anakku dapat:
  • Harusnya cover untuk biaya kamar Pru Hs anakku adalah 350rb/hari tapi aku ambil yang di atas itu kelas 1 harganya 510rb/hari dengan pertimbangan kelebihan bayarnya akan kita tutup dengan proteksi kesehatan perharinya dari Prumed reimburse (1 harinya 400rb), selain itu kamarnya lebih nyaman dan ramah (isinya cuma 2 orang terus desain kamar khas anak-anak).
  • Biaya kunjungan dokter per hari, dan obat-obatan sudah termasuk di Pru Hs dan tidak ada kelebihan dari pertanggungan, sehingga ini artinya bebas biaya tambahan selama perawatan.
  • Biaya sebelum masuk RS yaitu check darah untuk DB dan tyfus sebesar 500rb akan kita reimburse dengan Pru Hs (karena dalam proteksi Pru Hs ini, biaya2 yang timbul baik sebelum dan sesudah masuk RS bisa dicover oleh Pru Hs).

Akhirnya, secara keseluruhan total biaya saat keluar RS selama 5hari adalah 6jt, dan yang harus aku bayar cash adalah 800rb (kelebihan biaya kamar per hari dari pertanggungan adalah 160rb x 5hari).

Nah jadi rencananya yang akan kita klaim melalui sistem reimburse Pru Med, yaitu 5hr x 400rb = 2jt (akan ditranfer Prudential ke rekening pemegang polis), lalu yang diklaim melalui reimburse Pru Hs adalah 500rb (test lab sebelum masuk RS), dan biaya rawat jalan Pru Hs yang belum tau berapa karena baru sore ini mau ke RS untuk check lagi.

Untuk gambaran aja, manfaat dari sisi proteksi di Prudential ini anakku dapatkan dari program rencana tabungan pendidikan Prudential sebesar 500rb/bln. Anakku belum genap 1tahun ikut, meskipun aku pakai tabungan langsung pertahun yang berarti baru 6jt yang aku dan suami tabungkan.
Sedangkan manfaatnya sendiri sudah luar biasa banget untuk anakku: rawat inap diare 2hr (1,5jt); tindakan operasi waktu jatuh (5,7jt), sekarang gejala thypus (6jt-an). Semua ini gak pernah kami bayangkan, akan tetapi tetap aja terjadi. Namanya juga penyakit.

Bunda, sudahkah melindungi semua anggota keluarga? Pengalaman mengatakan, pada saat ada yang sakit, maka semua biaya menjadi blur, rasanya berapapun akan sanggup kita bayarkan dan kita keluarkan untuk kenyamanan, kecepatan, pelayanan penanggulangan kesehatan. Karena itu, kenapa tidak segera menabung kecil (nominal) untuk mendapatkan yang besar (manfaat)?

No comments: